Jumat, 05 Juni 2009

Foto: AP

MASALAH transfer pemain merupakan salah satu sisi menarik dari bisnis sepakbola. Sejak olahraga lapangan hijau ini ditasbihkan menjadi sebuah industri, jual-beli pemain adalah sebuah lahan garapan yang sangat potensial demi meraup keuntungan dari sisi prestasi maupun ekonomis.

Jika pada 2008, bursa transfer ramai membicarakan kepindahan beberapa pemain bintang seperti Christiano Ronaldo. Maka hal itu sepertinya juga akan berlaku pada 2009.

Januari ini bursa transfer jilid II akan dibuka. Beberapa tim telah mengambil kuda-kuda, bahkan sudah ada yang mendapatkan tergetnya. Real Madrid telah dipastikan memboyong dua punggawa sekaligus, yakni bomber maut Klaas-Jan Huntelaar dan Lassana Diarra.

Jumlah tersebut dipastikan bakal segera bertambah. Dianggap gagal berakselerasi pada bursa musim panas lalu, Madrid yang kini memiliki pelatih anyar Juande Ramos berjanji akan segera mendatangkan pemain baru lainnya.

Selain Madrid, klub lain yang juga telah berhasil menambah awak pasukanya adalah AC Milan. Tidak tanggung-tanggung klub asal San Siro itu memboyong sang megabintang David Beckham dengan status pinjaman selama hampi tiga bulan dari klub MLS (Liga Amerika Serikat) LA Galaxy.

Sementara itu, beberapa klub seperti Juventus, Inter Milan, Liverpool dan Chelsea juga merupakan tim-tim yang diduga kuat bakal mendatangkan pemain baru di awal tahun 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar